EVALUASI KURIKULUM
Evaluasi kurikulum dilaksanakan berdasarkan hasil analisis dan dukungan Fakultas Tarbiyah terhadap pengembangan (perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian) kurikulum Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, sebagai berikut :
No |
Capaian |
Analisis Keberhasilan / Ketidakberhasilan |
Akar Masalah |
Faktor Pendukung / Penghambat |
1 |
Fakultas Tarbiyah bersama dengan Program Studi PIAUD memiliki kebijakan tentang penyusunan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan kurikulum Program Studi PIAUD (termasuk kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka), dan pelaksanaannya secara konsisten |
Terdapat pedoman pengembangan kurikulum dan pedoman pelaksanaan MBKM di Tingkat institut yang disediakan oleh LPM, akan tetapi belum terdapat pedoman dan juknis pengembangan kurikulum Tingkat fakultas |
Belum dilaksanakannya penyusunan pedomanan kurikulum tingkat fakultas |
Penghambat: Penyesuaian pedomanan pengembangan kurikulum tingkat institut, penyesuaian Permenristek Dikti No 53 Tahun 2023 |
2 |
Fakultas Tarbiyah memberikan dukungan kepada Program Studi PIAUD untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki kurikulumnya (penyusunan kurikulum MBKM) dalam bentuk pemberian dana, pemberian pendampingan, dan penyediaan pakar yang relevan. |
· Fakultas Tarbiyah memberikan dukungan kepada Program Studi PIAUD dalam bentuk pemberian dana untuk penyusunan kurikulum MBKM · Pemutakhiran kurikulum didampingi oleh Kapus Pengembangan Kurikulum dan SDM bersama dengan Wadek I Fakultas Tarbiyah · Fakultas Tarbiyah menghadirkan Pakar Pendidikan Prof. Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd, Bagus Jati Santoso, P.hD, Prof. Sigit Purnama, dosen, dosen mitra, alumni, mahasiswa, pengguna lulusan, stakeholder dalam pemutakhiran kurikulum |
Tidak ada |
Pendukung : · Pelibatan pemangku kepentingan internal (pimpinan fakultas Tarbiyah, dosen, tendik, dan mahasiswa), eksternal (stakeholder, alumni, mitra), dan tim ahli dalam workshop pemutakhiran kurikulum. · Pengalokasian anggaran pemutakhiran kurikulum berdasarkan hasil evaluasi dalam perencanaan program kerja di kegiatan pra raker Fakultas Tarbiyah |
3 |
Fakultas Tarbiyah bersama dengan Program Studi PIAUD memiliki dokumen yang sangat lengkap, sangat koheren, sangat relevan, dan sangat mutakhir |
· Dokumen kurikulum Program Studi PIAUD disusun berdasarkan pedoman pengembangan kurikulum MBKM. · Dokumen kurikulum Program Studi PIAUD memiliki tujuan yang spesifik dan terukur, yang mengarah pada pencapaian kompetensi PIAUD · Kurikulum Program Program Studi PIAUD mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan dan mempertimbangkan kebutuhan aktual |
Tidak ada |
Pendukung: · Terdapat kebijakan penyusunan kurikulum MBKM · Pelibatan asosiasi, pemangku kepentingan dalam penyusunan kurikulum perumusan visi keilmuan dan CPL Program Studi serta PM menyediakan petunjuk teknis |
Berdasarkan evaluasi, maka tindak lanjut terhadap kurikulum dan perangkat pembelajaran, sebagai berikut:
Hasil Evaluasi |
Tindak Lanjut |
Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2023 ditemukan penyesuaian pedomanan pengembangan kurikulum tingkat institut, penyesuaian Permenristek Dikti No 53 Tahun 2023 |
Fakultas tarbiyah Bersama Program Studi PIAUD melakukan penyusunan pedoman pengembangan kurikulum MBKM berbasis OBE pada tahun 2024 yang merujuk kepada Permenristek Dikti No 53 Tahun 2023 |