EVALUASI KURIKULUM

 Evaluasi kurikulum dilaksanakan berdasarkan hasil analisis dan dukungan Fakultas Tarbiyah terhadap pengembangan (perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian) kurikulum Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, sebagai berikut :

No

Capaian

Analisis Keberhasilan

/ Ketidakberhasilan

Akar Masalah

Faktor Pendukung / Penghambat

1

Fakultas Tarbiyah bersama dengan Program Studi PIAUD memiliki kebijakan tentang penyusunan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan kurikulum Program Studi PIAUD (termasuk kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka), dan pelaksanaannya secara konsisten

Terdapat pedoman pengembangan kurikulum dan pedoman pelaksanaan MBKM di Tingkat institut yang disediakan oleh LPM, akan tetapi belum terdapat pedoman dan juknis pengembangan kurikulum Tingkat fakultas

Belum dilaksanakannya penyusunan pedomanan kurikulum tingkat fakultas

Penghambat:

Penyesuaian pedomanan pengembangan kurikulum tingkat institut, penyesuaian Permenristek Dikti No 53 Tahun 2023

2

Fakultas Tarbiyah memberikan dukungan kepada Program Studi PIAUD untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki kurikulumnya (penyusunan kurikulum MBKM) dalam bentuk pemberian dana, pemberian pendampingan, dan penyediaan pakar yang relevan.

·     Fakultas Tarbiyah memberikan dukungan kepada Program Studi PIAUD dalam bentuk pemberian dana untuk penyusunan kurikulum MBKM

·     Pemutakhiran kurikulum didampingi oleh Kapus Pengembangan Kurikulum dan SDM bersama dengan Wadek I Fakultas Tarbiyah

·     Fakultas Tarbiyah menghadirkan Pakar Pendidikan Prof. Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd, Bagus Jati Santoso, P.hD, Prof. Sigit Purnama, dosen, dosen mitra, alumni, mahasiswa, pengguna lulusan, stakeholder dalam pemutakhiran kurikulum

Tidak ada

Pendukung :

·     Pelibatan pemangku kepentingan internal (pimpinan fakultas Tarbiyah, dosen, tendik, dan mahasiswa), eksternal (stakeholder, alumni, mitra), dan tim ahli dalam workshop pemutakhiran kurikulum.

·     Pengalokasian anggaran pemutakhiran kurikulum berdasarkan hasil evaluasi dalam perencanaan program kerja di kegiatan pra raker Fakultas Tarbiyah

3

Fakultas Tarbiyah bersama dengan Program Studi PIAUD memiliki dokumen yang sangat lengkap, sangat koheren, sangat relevan, dan sangat mutakhir

·     Dokumen kurikulum Program Studi PIAUD disusun berdasarkan pedoman pengembangan kurikulum MBKM.

·     Dokumen kurikulum Program Studi PIAUD memiliki tujuan yang spesifik dan terukur, yang mengarah pada pencapaian kompetensi PIAUD

·     Kurikulum Program Program Studi PIAUD mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan dan mempertimbangkan kebutuhan aktual

Tidak ada

Pendukung:

·     Terdapat kebijakan penyusunan kurikulum MBKM

·     Pelibatan asosiasi, pemangku kepentingan dalam penyusunan kurikulum perumusan visi keilmuan dan CPL Program Studi serta PM menyediakan petunjuk teknis

Berdasarkan evaluasi, maka tindak lanjut terhadap kurikulum dan perangkat pembelajaran, sebagai berikut:

 

Hasil Evaluasi

Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2023 ditemukan penyesuaian pedomanan pengembangan kurikulum tingkat institut, penyesuaian Permenristek Dikti No 53 Tahun 2023

Fakultas tarbiyah Bersama Program Studi PIAUD melakukan penyusunan pedoman pengembangan kurikulum MBKM berbasis OBE pada tahun 2024 yang merujuk kepada Permenristek Dikti No 53 Tahun 2023