VISI, MISI DAN TUJUAN



VISI KEILMUAN
Mengembangkan Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang Inklusif dengan mengintegrasikan nilai-nilai Keislaman yang moderat, akulturasi budaya, dan inovatif. 

TUJUAN
  1. Menghasilkan pendidik yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai pendidik yang mampu memadukan keilmuan keislaman dan keilmuan dalam Pendidikan Anak Usia Dini yang inklusif, memanfaatkan teknologi informasi, dengan integritas yang tinggi dan dengan memenuhi profesionalisme, komunikasi yang adaptif, dan nilai-nilai universal kemanusiaan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Keislaman yang moderat, akulturasi budaya, dan inovatif. 
  2. Menghasilkan edupreneur yang yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai wirausahawan yang mampu menciptakan peluang usaha dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang inklusif dengan mengintegrasikan nilai-nilai Keislaman yang moderat, akulturasi budaya, dan inovatif.

STRATEGI
  1. Pengembangan sikap religius, bertakwa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika. 
  2. Peningkatan kualitas masyarakat dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila, sambil memainkan peran sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air. 
  3. Peningkatan penghargaan terhadap keragaman budaya, pandangan, agama, dan pendapat orang lain, memiliki rasa tanggung jawab sosial dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungan, serta taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  4. Peningkatan keteladanan dalam ketaatan kepada hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dan integritas yang tinggi sebagai pendidik anak usia dini secara tekun, mandiri, kompetitif dengan menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik,semangat kemandirian, kejuangan, kewirausahaan dan kerja keras. 
  5. Menguasai konsep teoritis pendidikan anak usia dini yang inklusif dengan mengintegrasikan nilai-nilai Keislaman yang moderat, akulturasi budaya, dan inovatif.secara mendalam. 
  6. Peningkatan penguasaan konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas dengan anak usia dini yang inklusif secara mendalam, dengan memperhatikan konsep hubungan keluarga dan komunitas dalam perspektif islam, akulturasi budaya, serta inovatif. 
  7. Peningkatan pemahaman konsep teoritis asesmen dalam pendidikan anak usia dini secara mendalam. 
  8. Peningkatan pemahaman konsep teoritis kurikulum, pembelajaran, dan penataan lingkungan belajar di PAUD yang inklusif secara mendalam. 
  9. Peningkatan pemahaman Konsep teoritis keselamatan, kesehatan dan nutrisi secara mendalam yang mendukung tumbuh kembang anak usia dini. 
  10. Peningkatan pemahaman konsep teoritis profesionalisme dan kepemimpinan bagi pendidik dan tenaga kependidikan secara mendalam. 
  11. Peningkatan pemahaman konsep teoritis administrasi dan manajemen dalam mengorganisasikan lembaga pendidikan anak usia dini yang inklusif. 
  12. Penerapan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan integrative interkonektif dalam pengembangan dan implementasi ilmu keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam konteks keindonesiaan. 
  13. Peningkatan pemahaman implikasi pedagogis dan mengambil keputusan secara tepat melalui musyawarah dalam penyelesaian masalah dan pengembangan Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang inklusif. 
  14. Pengembangan jaringan kerjasama dengan pembimbing, kolega, sejawat, dan pemangku kepentingan lainnya. 
  15. Pengembangan asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan melalui metode dan teknik penilaian secara tepat. 
  16. Pengembangan dokumen Kurikulum PAUD dan membuat desain lingkungan belajar di PAUD yang inklusif. 
  17. Penerapan program, kebijakan dan prosedur dalam praktik keselamatan, kesehatan dan nutrisi sesuai dengan tahap perkembangan anak dan kebutuhan individu. 
  18. Pengaplikasian kompetensi profesionalisme dan kepemimpinan terkait dengan etika standar dan pedoman profesional. 
  19. Penyelesaiain masalah administrasi dan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini secara efektif.